Tips blog SEO friendly praktis di google support yang ingin dicoba

Tuesday, April 12, 2022


Blogger Perempuan 30 day Ramadan blog challenge


Dari awal ngeblog sekitar tahun 2010 sampai sekarang 2022, aku masih dalam mode ngeblog apa adanya. Dalam artian, nulis-edit-posting udah gitu aja. Sama sekali ga kepikiran SEO dan traffic blog. Padahal, bisa dilihat.. blog ini sudah di monetize dengan adanya adsense. Mubazir banget ga sih..
Jadi memang aku tuh ngeblog buat happy-happy aja mulanya.. Karena waktu itu aku masih kuliah, kerja sampingan jadi server warnet yang dapet fasilitas internet nonstop 6 jam. Nah, dari situlah aku mulai kenal berbagai macam hal yang ada di internet, dan saat itu jamannya tumblr dan blogger sedang hits banget. Aku sampai bikin keduanya, karena suka melihat foto-foto aesthetic yang banyak di share di tumblr dan juga kegiatan hijabers di blog.

Mungkinkah ada yang punya pengalaman sama denganku? Scrolling dan blog walking hijabers Dian Pelangi and the gank? Hihi.. berarti fix umur kita kemungkinan ga jauh beda.

Nah lalu, perjalan ngeblogku berlanjut sampai wisuda, kerja, dan menikah. Masih belum rajin nulis, hanya beberapa kali dalam setahun. Kemudian, mulailah aku kenalan dengan beberapa komunitas menulis yang diisi oleh para blogger, dan baru sadar kalau blog yang selama ini aku punya dan jarang diperhatikan ternyata bisa menghasilkan cuan dan memperluas koneksi jika bisa mengaturnya dengan baik.

Terus mulailah aku belajar dan mengenal tentang SEO, dan apa itu yang dimaksud blog yang SEO friendly, meningkatkan traffic blog, niche blog dan sebagainya. Tapi berhubung masih belum punya banyak waktu, aku hanya membaca sekilas aja dan sedikit paham secara garis besarnya.

Kan sudah banyak banget web dan blog yang membahas tentang SEO dan cara agar traffic blog meningkat tuh. Dan ternyata aku baru tau loh, di laman bantuan google juga ada tips praktis pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk blog kita yang bahasanya cocok untuk blogger pemula. Dan enaknya, semua tips di tulis berurutan, dengan step by stepnya.

tips cara optimalkan SEO untuk blog


Mulai dari menambahkan kata kunci ke judul postingan dan halaman, membuat header, lalu ada cara membuat gambar yang ada di blog kita dapat ditelusuri juga. Semua itu ada penjelasannya di laman tersebut.

Dan salah satu tip yang ingin aku pelajari dan mulai dilakukan adalah menggunakan Analytics dengan blogger agar bisa menganalisa traffic pengunjung ke blogku.

tips menggunakan analytics pada blog untuk mengetahui traffic pengunjung

Kayanya itu aja sih tips blog yang ingin aku coba lakukan kedepannya. Mencoba berkenalan sedikit-sedikit dengan rimba blogging ini. Dan yang terpenting sih, aku pengen rajin nulis artikel bermanfaat setiap harinya, biar lebih rame blognya.

No comments:

Post a Comment