Belanja online atau offline? perhatikan 5 hal ini ya

Saturday, April 30, 2022


Belanja online ataupun offline memiliki sisi plus-minusnya masing-masing. Dan menurutku, setiap orang yang melakukan jual beli secara online maupun offline sudah paham kedua sisi tersebut berdasarkan pengalaman masing-masing.

Jadi, ga bisa disamaratakan gitu loh, menurutku.. misal nih, si A suka belanja online karena menurut dia ga ribet dan ga perlu panas-panasan. Tapi bagi si B belanja online itu ruwet, karena memakan waktu lama untuk prosesnya, belum lagi harus bayar via kasir minimarket karena ga punya mbanking, dsb.

Secara umum, sisi plus dan minusnya belanja online maupun offline mungkin sama bagi semua orang. Tapi secara khususnya, tentu tidak.

Sebagai orang yang masih melakukan keduanya baik belanja online maupun offline, aku biasanya memikirkan 5 hal dibawah ini sebelum memutuskan membeli suatu barang.

1. Selisih harga barang

Ini yang paling penting menurutku, selisih harga barang antara beli online dengan beli secara offline. Terkadang nih, beli online lebih menggiurkan karena banyaknya promo dan potongan harga yang ditawarkan. Tapi, walaupun banyaknya potongan harga di ecommerce belum cukup untukku memutuskan beli secara online, karena biasanya aku juga akan mempertimbangkan ongkir. Karena ongkir akan mempengaruhi totalan harga bersih yang harus kita keluarkan.

2. Waktu pengiriman

Karena aku tinggal di daerah, sementara banyak penjual berasal dari kota besar seperti Jabodetabek. Barang pembelian onlineku biasanya akan datang sekitar 2-3 hari setelah pemesanan. Waktu pengiriman ini jadi pertimbangan apabila, barang yang ingin kubeli itu adalah kebutuhan yang mendesak. Jika dalam waktu kurang dari 5 hari barang tersebut aku akan pakai, maka aku lebih baik beli offline saja. Jadi aku ga khawatir berlebihan hanya untuk menunggu barang datang.

3. Ongkos kirim vs ongkos bensin

Apabila barang yang ingin kubeli ini ada disekitarku, maka aku akan menghitung biaya ongkir pembelian online tersebut worth it atau enggak. Kalau ternyata ongkirnya lebih mahal daripada beli offline, walaupun harus naik motor cukup jauh, ya aku akan memilih offline. hehe. irit to the max banget yaa.. Tapi ini ga berlaku kalau barangnya memang jarang atau ga ada di sekitarku, berapapun ongkirnya pasti aku checkout.

4. Jarak penjual

Dalam membeli barang online biasanya aku selalu check dimana penjual berada. Aku jarang banget beli sesuatu dari luar pulau atau luar negeri. hihi

5. Jenis barang

Jenis barang yang ingin aku beli tentu menentukan banget, apakah sebaiknya aku beli online atau offline. Untuk barang elektronik ataupun gadget, tentunya akan merasa lebih aman jika membeli offline langsung ke tokonya. Tapi walaupun begitu, aku juga pernah kok beli secara online.


No comments:

Post a Comment