3 alasan masih setia memakai blogspot

Wednesday, April 13, 2022



Tahun 2010 adalah saat dimana aku mulai mengenal blog. Waktu itu aku hanya tahu 3 platform blog saja, yaitu blogspot, wordpress, dan microblog tumblr. Karena masih muda dan penasaran, akhirnya aku mencoba untuk sign in ketiganya, untuk sekedar melihat “apa isinya” platform blog itu.
Setelah tahu bahwa blog adalah tempat menulis semacam personal diary dalam bentuk digital gitu, aku mulai suka utak-atik ketiganya. Nah, tapi berhubung dulu tuh hanya modal iseng dan googling, aku ngerasa yang paling mudah dipakai hanya blogspot dan tumblr. Jadi blog wordpressku mulai jarang banget dibuka.

Aku jadi punya 2 akun blog aktif yaitu blogspot dan tumblr, tapi semakin lama platform tumblrku hanya berfungsi untuk me-reblog foto-foto aesthetic aja. Hihi. Maklum ya, umur segitu lagi seneng banget sama sesuatu yang terlihat cool. Sementara itu, blogspotku masih tetap jalan, aku juga sesekali masih menulis puisi dan curhat khas dewasa muda yang sedang galau-galaunya, belum lagi kalau habis jalan-jalan ke tempat baru, pasti ga sabar mau ditulis di blog.

Lalu kemudian semakin berumur, aku ngerasa tumblr sudah kurang relevan dengan gayaku, sampai akhirnya dari ketiga platform blog tersebut ya hanya blogspot yang aktif sampai sekarang. Dan aku punya 3 alasan kenapa aku masih setia memakai blogspot untuk menulis.

1. Mudah

Menurutku blogspot tuh mudah banget cara pakai dan daftarnya, mungkin karena blogspot tuh terhubung dengan google jadi mudah diakses. Buat yang sama sekali belum paham apa itu blog kaya aku dulu, pas lihat tampilan blogspot langsung cepat paham. Apalagi misalnya punya kendala Bahasa inggris, blogspot bisa jadi pilihan karena pengaturannya bisa diganti menjadi Bahasa Indonesia.

2. Gratis

Hosting blogspot tuh gratis, bener-bener ga berbayar. Pemula kaya aku jadi ga perlu pusing mikirin cara bayar hosting dll. Pokoknya niat nulis di blog aja dulu, urusan lain belakangan.

3. Gampang diatur

Mulai dari tema dan tata letak, blogspot mudah banget cara mengaturnya loh. Bagi yang suka utak-atik kode html tentunya. Walaupun banyak yang bilang tampilan blogspot monoton dan itu-itu aja, tapi menurutku tampilan yang simple ini malah memudahkan pembaca untuk fokus ke tulisan.

Jadi itulah 3 alasan kenapa aku masih setia dengan blogspot ini setelah bertahun-tahun lamanya. Mungkin kalau kesetiaan ini jadi scene film, jawabanku akan seperti Snape saat ditanya oleh Dumbledore "after all this time?"
"yes, always!" hihi

2 comments:

  1. Saking cintanya ke blogspot udah kayak cintanya Snape ke Lily ya kak! hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. udah ga bisa pindah ke lain hati. hihi

      Delete