curhat hari ini: Mampu tapi ga mau

Saturday, April 16, 2022


 

Alhamdulillah, kita sudah sampai pertengahan bulan Ramadan. bagaimana nih, kabarnya semua? Masih lancar puasa dan ibadah lainnya? Masih semangat kejar target Ramadannya? Masih belum bosen kan, dengan rutinitas harian selama berpuasa dari sejak bangun sahur sampai berbuka?

3 pertanyaan diatas nih, seharusnya ga hanya aku tanyakan buat basa-basi aja kepada orang lain, 3 pertanyaan yang harusnya juga secara sadar aku tanyakan kepada diri sendiri untuk muhasabah tentang 14 hari yang telah terlewat di bulan Ramadan.

Apakah aku masih beribadah dengan lancar, khusyuk, dan ikhlas?

Masihkah aku semangat mengejar target Ramadan untuk khatam Alquran dan mendengarkan kajian?

Sudahkah aku bosan dengan segala rutinitas harian di bulan Puasa ini, sehingga aku pun malas menyiapkan makanan untuk keluarga?

Kemana semangat yang menggebu di awal Ramadan 14 hari lalu? Masih ada didalam hatimu?

******

Tema hari ini adalah curhat, dan berhubung aku tuh termasuk introvert yang susah buat mengutarakan sesuatu, aku jadi mau berbagi pikiran aja yaa.. sambal curhat tipis-tipis..

Jadi, beberapa hari lalu aku lihat pemuda muslim yang aku kenal, laki-laki, sehat, dan di bulan Ramadan ini secara ga sengaja aku lihat dia sedang merokok pagi-pagi.

Jujur aja, melihat pemandangan itu membuat aku merasa sedikit sebal tapi juga bercampur kasihan. Tapi aku bukan mau nge-judge ya.. aku jadi mikirin diriku sendiri sekarang, bagaimana kalau selama ini pun aku seperti itu. Mampu tapi ga mau.

Mampu untuk ibadah, tapi ga mau melakukannya.

Mampu untuk berbuat kebaikan yang banyak, tapi ga mau merepotkan diri sendiri.

Mampu untuk mengembangkan potensi diri, tapi ga mau untuk angkat badan dari posisi rebahan.

Melihat pemandangan banyaknya orang2 yang seharusnya memiliki kewajiban melaksanakan ibadah di bulan Ramadan ini, tapi memilih untuk melakukannya. Seharusnya menjadi penyemangat diriku agar lebih baik lagi. Agar tidak terjatuh dalam lubang yang sama, agar tidak menyeret diriku sendiri berlarut dalam ketidakmauan dan kemalasan.

Dan balik lagi kepada 3 pertanyaan di awal postingan ini..

Ketika semangat mulai meredup, dan hari ini terasa berat untuk melakukan kebaikan, maka ingat2 yang aku lihat kemarin.

Jadilah manusia yang tidak hanya mampu tapi juga mau melakukan kebaikan yang terbaik.

 

 


No comments:

Post a Comment