Saus karamel Alpen Liebe 3 bahan (recook resep Reen's Kitchen @ms.rinadedik)

Thursday, March 3, 2022

 Bismillah

Aku mau nulis resep saus kramel, tapi sebelumnya cerita dulu gapapa kan yaa.

Jadi di kulkas toko tuh ada whipped cream cair yang sebentar lagi expired dan bungkusnya mulai rusak karena terkena rembesan air mineral dari wadahnya yang bocor.

Karena aku juga punya stok pisang matang, aku kepikiran untuk bikin dessert box banoffe. Apalagi aku juga belum pernah bikin nih, jadi tambah penasaran kan..

Sebelum bikin, aku cari resep dulu dong di instagram. Kebetulan aku pernah lihat mba Rina dari Reen's Kitchen, pemilik akun instagram @ms.rinadedik pernah share resep banoffe ini. Langsung lah cus, ke profilenya.

Reen's Kitchen ini salah satu profile instagram baking dan cooking yang aku suka. Food photographingnya bagus menurutku, kue-kue yang diposting selalu menggugah selera. Pokoknya tiap kali lihat profilnya, langsung kepingin bikin kue juga. Menginspirasi deh pokoknya.

Nah, setelah aku baca-baca di postingan banoffe buatannya mba Rina, aku jadi tahu kalau sebelum bikin banoffe harus menyiapkan saus karamel dulu. Ini juga aku belum pernah bikin tuh, tapi alhamdulillah mba rina punya tautan ke postingan resep saus karamel buatannya.

Bikin saus karamel ternyata gampang kok, kalau menurut resep yang aku baca ya, karena hanya membutuhkan tiga bahan aja; gula pasir, butter, dan whipped cream cair. Tapi cara buatnya harus hati-hati, karena selain panas gula pasir yang dimasak tuh harus perhatikan apinya biar ga gosong. Aku punya pengalaman kulit tangan melepuh gara-gara bikin karamel soalnya, jadi ya agak khawatir juga.

Oke deh, daripada berlama-lama aku tulis ya bahan dan cara buat saus karamel alpen liebe.

Bahan:

200gr gula pasir

100gr unsalted butter (aku pakai merk Elle&Vire)

125ml whipped cream cair (aku pakai merk anchor)

Cara buat:

Lelehkan gula pasir diatas wajan anti lengket dengan api yang kecil-sedang saja. hati-hati, kepanasan bisa bikin gula gosong dan pahit loh. diaduk-aduk pakai spatula atau whisk biar lelehnya rata.



Setelah leleh, masukan  butter lalu aduk. Biasanya gula jadi agak menggumpal dalam tahap ini. Tetap aduk terus.

Jujur aja, aku bikin kesalahan sih menambah butter dengan margarin. karena butter yang aku punya hanya sekitar 80gr, kemudian ngide gitu dengan nambahin margarin. Gara-gara ide asal ini, karamel gulaku jadi menggumpal besar-besar.

Dalam tahap ini, aduk adonan sekitar 1-2 menit lalu masukan whipped creamnya dan kemudian lanjut aduk kembali sampai homogen. Hasil akhir saus karamel ini berwarna coklat dan kental. Kalau lihat dari postingan mbak Rina, warna coklat sausnya terlihat gelap tapi kalau hasil recook-ku warnanya lebih muda. Kayanya sih karena gulaku belum semuanya cair saat dimasak tahap pertama. Hasil akhir saus karamel buatanku juga sedikit berminyak, mungkin karena pakai margarin tadi kali ya. Jadi yah, bisa dibilang hasil recook kali ini belum 100%  sempurna. Pokoknya jangan sampai ngide lagi masukin bahan-bahan selain yang ada di resep ya. T.T





 

No comments:

Post a Comment