Percobaan Ilmiah Elephant Toothpaste

Thursday, April 26, 2018



Bismillah

Assalamualaikum buibu.. malam ini aku akan sharing hasil percobaan ilmiah bersama anakku yang kami lakukan siang tadi yaa.. Jadi, siang tadi ceritanya kami membuat Elephant Toothpaste.

Apa itu Elephant Toothpaste?

Sebelum aku jelaskan apa itu Elephant Toothpaste dan bagaimana cara membuatnya, aku akan bercerita sedikit tentang asal mula percobaan ini ya.

Ibu Profesional Semarang pada tanggal 8 Mei lalu membuat acara bersama dengan Komunitas Ilmuwan Cilik di taman Gajahmungkur Semarang. Karena aku adalah salah satu member IP Semarang, maka disempatkanlah hadir kesana. Dan, waktu pertama dengar rencana double playdate antara IPSemarang dan KIC ini, aku sudah tertarik banget. Jadi, ga pake mikir lagi sih waktu itu. Pokoknya harus kesana.

Setelah sampai di Semarang dan hadir dalam acaranya, ternyata ga meleset sama sekali dari perkiraanku: acaranya seru dan rame. Melihat antusiasme anak-anak mengikuti setiap percobaan ilmiah itu menyenangkan. Mereka terlihat sangat bersemangat saat melihat hasil dari percobaan yang mereka lakukan itu.

Di acara itu, fasilitator dari KIC membimbing anak-anak (dan ibunya) melakukan tiga jenis percobaan ilmiah dan salah satunya adalah membuat Elephant Toothpaste. Elephant toothpaste itu hanya istilah saja, bukan membuat pasta gigi gajah sungguhan yang bisa dipakai untuk sikatan ya.

Jadi, dalam percobaan ini kami membuat campuran Hidrogen Peroksida dan Kalium Permanganat (PK) didalam botol kosong, yang akan menghasilkan reaksi kimia berupa luapan busa memanjang seperti belalai gajah.

Ngomong-ngomong, dimana kita bisa beli hidrogen peroksida dan kalium permanganat?
Kalau baca bahasa ilmiahnya emang suka bingung sih. hehe. Tapi ternyata dua senyawa kimia tersebut cukup mudah untuk ditemukan loh. Hidrogen Peroksida bisa kita beli dalam bentuk sabun pemutih baju yang terkenal dengan ke-gaje-an iklannya itu. wkwkwk. iya, Vanish. ternyata Vanish merupakan senyawa Hidrogen Peroksida. Cukup beli isi ulang yang kecil saja seharga 5000 rupiah jika ingin melakukan percobaan.

Lalu selanjutnya adalah Kalium Permanganat. Untuk mendapatkan senyawa kimia ini, kita bisa membelinya di apotik loh. Masih ingat tidak dengan obat kulit untuk koreng zaman dulu yang disebut bubuk PK? Nah itu dia, bubuk PK atau Permanganas Kalicus adalah senyawa kimia Kalium Permanganat. Kalau aku jujur aja masih ingat sekali dengan bubuk PK, karena dulu emang sering korengan. haha. Eits, tapi bubuk PK ini mulai jarang dijual bebas di apotik loh. Ada beberapa yang jual, tapi seringnya sih kosong. Makanya, harus sabar ya kalau mau cari bubuk PK ini.

Bubuk PK

Kalau bahan sudah terkumpul, maka sekarang tinggal melakukan percobaannya. Yang perlu diingat saat melakukan percobaan ini adalah larutan bubuk PK itu terkadang meninggalkan bekas (stain) di kulit dan peralatan plastik yang digunakan loh. Jadi, harus hati-hati ya (jangan pake tupperware :D). Terlebih saat menuang cairan hidrogen peroksidanya. Anak-anak harap diawasi dan dibantu ya buibu..

Nah, selanjutnya silakan mencoba percobaan ilmiah ini di rumah. Dijamin deh, anak pasti akan teriak kegirangan saat melihat busa yang mengular ^^








No comments:

Post a Comment