Printable Seri Ramadhan: Nabi Nuh Alaihissalam

Wednesday, April 25, 2018









Bismillah



Insyaallah sekitar 21 hari lagi kita akan memasuki bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim seluruh dunia. Yep, RAMADHAN.

Masyaallah, saking senangnya aku sampai ga konsen deh. Banyak kerjaan tertunda (emang dasarnya aja sih males hehe) Yah, intinya gitu sih, rasanya pengen cepet-cepet aja gitu libur sebulan penuh, untuk menikmati setiap detiknya Ramadhan.

Nah, hari ini aku mau share printable seri Ramadhan. Kenapa berseri? karena rencananya sih, aku ingin membuat 30 tema printable khusus untuk Ramadhan. Dan, eingingeng sudah dua minggu lebih baru jadi 3 doang. huhu.

Jadi, daripada menunggu lama keburu Ramadhannya tiba, aku share aja duluan ya satu per satu. biar aku tambah semangat juga bikin yang lainnya.

Untuk tema pertama aku buat berasal dari kisah Nabi Nuh Alaihissalam.

Nabi Nuh dikenal sebagai bapak seluruh manusia (أبو البشر/ Abul Basyar) selain Nabi Adam loh. Ini dikarenakan, setelah kejadian banjir besar itu, manusia yang tersisa hanyalah kaum Nabi Nuh yang berada diatas kapal saja. Setelah itu Allah menakdirkan kaum tersebut meninggal karena wabah, dan hanya menyisakan Nabi Nuh beserta anak keturunannya saja. Wallahu A'lam Bishawab

kisah Nabi Nuh, salah satunya tertulis dalam ayat Allah berikut:


فَأَوْحَيْنَا إِلَيْهِ أَنِ اصْنَعِ الْفُلْكَ بِأَعْيُنِنَا وَوَحْيِنَا فَإِذَا جَاءَ أَمْرُنَا وَفَارَ التَّنُّورُ ۙ فَاسْلُكْ فِيهَا مِنْ كُلٍّ زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ وَأَهْلَكَ إِلَّا مَنْ سَبَقَ عَلَيْهِ الْقَوْلُ مِنْهُمْ ۖ وَلَا تُخَاطِبْنِي فِي الَّذِينَ ظَلَمُوا ۖ إِنَّهُمْ مُغْرَقُونَ

Lalu Kami wahyukan kepadanya: "Buatlah bahtera di bawah penilikan dan petunjuk Kami, maka apabila perintah Kami telah datang dan tanur telah memancarkan air, maka masukkanlah ke dalam bahtera itu sepasang dari tiap-tiap (jenis), dan (juga) keluargamu, kecuali orang yang telah lebih dahulu ditetapkan (akan ditimpa azab) di antara mereka. Dan janganlah kamu bicarakan dengan Aku tentang orang-orang yang zalim, karena sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari kisah ini. Selain itu, menurutku kisah Nabi Nuh yang seru, (melibatkan bahtera, hewan, dan banjir besar) pasti memiliki daya tarik sendiri untuk anak-anak. Ya kan?
Oleh karena itulah, aku coba membuat printable ini. didalamnya ada lembar puzzle sederhana bergambar bahtera. lalu juga ada lembar sorting jenis hewan dan alat transportasi.

untuk printablenya, bisa di download di link ini yaa..