Review Buku Kisah-Kisah Aku & Ayah

Thursday, April 5, 2018



Judul: Kisah-Kisah Aku & Ayah
Penulis: Dewi Mulyani
Ilustrator: Dida
Penerbit: Salamkids
Ketebalan: 143 halaman isi
Tahun terbit: Desember 2016
ISBN: 978-602-418-134-5
Harga buku: 50.000

Kelekatan itu bukan cuma antar ibu dan anak saja, tapi juga milik ayah dan anak. Di Alqur’an maupun hadits serta catatan-catatan sejarah, kisah hubungan kedekatan antara ayah dan anak banyak dikisahkan. Seperti kisah tentang Luqman dan anaknya, kisah tentang Nabi Ibrahim dan Ismail, serta kisah tentang Nabi Yusuf dan ayahnya, Yaqub.



Banyaknya kisah tentang hubungan ayah dan anak ini, merupakan suatu tanda dari Allah bahwa sosok ayah dalam keluarga sangatlah penting. Ayah ibarat seorang pembina dalam suatu acara yang dibutuhkan nasihat-nasihatnya tentang kehidupan. Ayah juga ibarat seorang kapten yang dibutuhkan ketegasannya dalam memutuskan kemana tujuan kapal keluarga ini berlabuh.

Penghormatan kepada ibu memang ditekankan sebanyak tiga kali oleh Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasallam karena penderitaan dan kesusahannya mengandung, melahirkan, dan membesarkan anaknya. Namun, sosok ayah tidak boleh dihilangkan dan tetap harus dihormati karena banyak juga yang telah beliau korbankan untuk keluarganya. Dialah tulang punggung, pencari nafkah untuk kebutuhan istri dan anaknya.

Buku ini merupakan kumpulan kisah kedekatan seorang ayah dengan anak-anaknya. Ada dua puluh satu kisah kedekatan ayah dan anak yang diambil dari kisah dan gambaran kehidupan para Nabi, sahabat, ulama, dan tokoh-tokoh muslim. Dimulai dari kisah pertama yang ditulis dalam buku ini, yaitu tentang Fatimah dan Ayah Muhammad salallahu alaihi wasallam.

Rasulullah salallahu alaihi wasallam merupakan sosok seorang ayah yang sangat penyayang. Sebagai seorang pemimpin yang sangat di hormati, beliau tidak pernah sungkan menunjukkan kecintaannya pada Fatimah di depan umum. Karena itulah, Fatimah pun tumbuh menjadi seorang wanita yang kuat dan tangguh. Dia pun mencintai ayahnya dengan sangat besar.

Selain kisah tentang Rasulullah dan putrinya, yang saling menyayangi dan mencintai karena Allah. Dalam buku ini juga ada kisah yang mengharukan antara Nabi Nuh dan anaknya yang durhaka, Kan’an.  Dikisahkan bagaimana perasaan Nabi Nuh sebagai seorang ayah yang merasa iba melihat anaknya terbawa banjir besar, namun tetap harus mengikhlaskannya karena Kan’an termasuk hamba Allah yang ingkar.

Selain kisah keteladan seorang ayah, ada juga kisah tentang bagaimana kesabaran seorang anak yang taat dan merupakan salah seorang istri Rasulullah Salallahu alaihi wasallam dalam menghadapi ayahnya yang musyrik. Dialah Ramlah binti Abu Sufyan. Ramlah adalah sosok wanita yang salehah dan mengutamakan urusan akidahnya daripada keluarga. Dia rela melepas statusnya sebagai seorang putri dari keluarga bangsawan Quraisy dan mendapat murka ayahnya, hanya untuk mempertahankan cintanya kepada Allah dan Rasulullah. Tapi walaupun begitu, dia sabar dan tetap mendoakan kebaikan untuk ayahnya.

Secara penulisan, beberapa cerita ada yang sedikit dipadatkan dan disesuaikan tata bahasanya, tapi tidak berubah dari inti kisah aslinya yang disebutkan di dalam Al-Qur’an maupun Hadits. Penulis bisa dikatakan cukup berhasil dalam menceritakan kembali kisah-kisah teladan ini dalam sebuah buku yang apik.

Secara keseluruhan, buku Kisah-Kisah Aku & Ayah ini bagus dan cocok sekali untuk dibacakan ataupun diberikan kepada putra-putri kita. Bahasa yang digunakan penulis sangat ringan dan mudah di mengerti. Dalam segi panjang tulisan dan pemilihan jenis huruf juga sesuai dengan kemampuan membaca anak-anak usia sekolah dasar. Dan jika dibacakan untuk anak dibawah lima tahun sangat memungkinkan karena didalamnya banyak terdapat ilustrasi pendukung yang menarik dan lucu. Selain itu, yang menjadikan buku ini lebih bagus adalah adanya kutipan-kutipan ayat Al-Qur’an di setiap akhir kisah yang berhubungan dengan kisah tersebut. Namun, sayangnya para orangtua harus sedikit berhati-hati jika memberikan buku ini kepada balita tanpa pengawasan karena kertas yang digunakan adalah Hvs tipis yang mudah robek.

Jadi, tidak ada salahnya untuk memilih buku ini sebagai bacaan bersama keluarga di rumah. Karena kisah-kisah teladannya bisa menjadi contoh bagi orangtua dan anak sekaligus.