Ngidam VS Kepengenan pribadi

Wednesday, February 4, 2015



Yang namanya hamil pasti ya ga jauh-jauh dari kata ngidam. Bahkan tiap kali ketemu saudara atau kerabat atau temen pasti yang ditanyain itu dulu “eh, ngidam apa nih?” Mungkin ini emang pertanyaan semacam FAQ buat ibu hamil kali ya, kompak gitu soalnya. :p

Selama masa kehamilan pertama ini sih aku sendiri ngerasa udah banyak banget minta beliin ini itu ke suami, mostly makanan. Alhamdulillah, sejak awal positif hamil aku ga ngerasain mual muntah, kalo kata orangtua ini yang namanya hamil ndableg gitu deh. Waktu periksa ke bu Bidan pertama kali pun, beliau kayanya seneng aja denger aku ga ada keluhan macem-macem.

Sebenernya, kalau mual sih aku agak ngerasain dikit tuh pas trisemester pertama. Khususnya kalau nyium bau-bauan yang agak tajam. Aku sampe pernah bilang ke ibu mertua supaya ga masak ikan panggang atau ikan asap dulu soalnya ga tahan banget sama baunya. Terus selain ikan panggang aku juga ga gitu suka sama bau sabun sereh dan sabun lifebuoy yang kebetulan ada di kamar mandi. Ga tau kenapa bawaannya sebel gitu nyiumnya. Agak aneh sih, soalnya sebelum hamil aku fine-fine aja tuh.

Tapi ya, itu cuma sekedar mual biasa ga sampe muntah. Paling Cuma sampe hoek-hoek ga keluar apapun. Kalau denger cerita orang lain kan ada yang serem banget tuh,  saking mualnya mereka muntah-muntah terus dan lemes karena ga bisa makan apapun bahkan sampai harus diinfus. Aduh bayangin aja udah pusing ya..

Karena hamil ini aku ga ngerasa mual, pola makan pun berjalan apa adanya. Bahkan mulai trisemester dua aku malah jadi tambah doyan makan. :p Pernah ya, aku diserang lapar tengah malam pas suami udah tidur. Untung banget pas masih ada nasi sama telur, akhirnya aku bikin nasi goreng sendirian malem-malem. Huhu. Tapi memang yang namanya trisemester 2 itu aku gila-gilaan banget kalo soal makan, apa aja dimakan, apa aja diminta. Makanya, dari bulan keempat menuju bulan kelima dalam jangka waktu sebulan doing nih ya aku naik 5 kilo! Rekor banget deh.

Kalau diinget-inget ya, selama kehamilan ini aku emang sering minta jajan sama suami. Mulai dari sate, somay, mpek-mpek, kebab, bubur ayam, cimol, dawet, bakso, mi ayam, daaaan lain sebagainya. Jujur sih ya, kalo dipikir emang semua yang aku minta itu adalah makanan yang emang aku suka dari dulu. Hahaha. Jadi bisa dikategorikan itu semua hanyalah kepengenan pribadi, bukan ngidam. Akal tepu-tepunya aku sebagai ibu hamil aja biar dijajanin sama dimanja, jadi semua kepengenan di bungkus pake “bawaan orok”.

Hahaha, tapi itu cuma aku aja loh yaa, ga semua bumil begitu. Ada juga yang ngidam beneran, sungguh-sungguh dan emang “bawaan orok”.  Contohnya nih ya, istrinya temennya suami (halah) katanya pengen banget mangga yang ukurannya sekepalan tangan. Pokoknya harus yang ukuran segitu, ga kurang juga ga lebih. Kalo ga segitu, ya dia ga mau! Hwaaa hahaha, ini nih jenis ngidam yang aku salutin karena ngidamnya sunggung-sungguh dan terstruktur serta beneran bikin pasangan bingung. Beda banget kan sama aku yang ‘Cuma’ pengen makan kebab? karena ya emang ga hamil aja aku bawaannya pengen makan kebab terus. Enak sih. :p

No comments:

Post a Comment