Suntik TT masa kehamilan (29 weeks)

Thursday, January 15, 2015

Assalamualaikum..

Kemarin malem, aku baru aja dari bu bidan untuk periksa kehamilanku lagi nih. Harusnya sih, jadwalku kesana jatuh sekitar tanggal 21-25an Desember kemarin, tapi saat jatuh tanggalnya aku dan suami memilih untuk USG ke dokter kandungan. Satu-satu lah yaa.. Belum lagi, tanggal-tanggal segitu rasanya ko males ngapa-ngapain yah hehe. maklum deh, liburan.

Dari awal kehamilan, sampe masuk bulan ke tujuh ini aku ga pernah ganti bidan. Udah pewe aja sama bu Ambar. Selain karena rumahnya deket (tetangga) orangnya juga asik lah. Ga rempong, ga judes.. aku agak takut sama bidan judes soalnya. :D

Seperti biasa, awal periksa aku langsung nimbang berat badan, ukur tensi darah, dan ditanyain keluhan yang dirasa akhir-akhir ini. Untuk bb ternyata beratku udah nambah lagi 1 kilo sejak terakhir ditimbang. Hayo coba tebak deh, sekarang berapa bb ku? haha yang jelas sih ini body, bumper depan sama belakang udah se-sexy mobil-mobil sport. :p

Karena aku mengeluh sering kram kaki, bu bidan menganjurkan aku untuk senam hamil. Di postingan sebelumnya kan aku minum air kelapa muda untuk mengurangi pegal dan kram ya, ternyata itu aja ga cukup.. T.T otot harus tetap dilatih biar ga kaku.. Alhamdulillah punya suami guru olahraga, jadi mulai sekarang senamnya minta bantuan dia. Lumayan kan, ga perlu keluar duit buat ikut kelas khusus. lalala.

Lanjut deh periksanya, sekarang aku dibawa bu Bidan ke ruang periksa disuruh rebahan sementara beliau mulai ngeluarin alat yang bisa dengerin detak Jantung janin. Sambil diperiksa, aku mulai deh nanya-nanya lagi tentang persalinan yang diperkirakan akhir maret mendatang. Jujur aja nih, aku agak khawatir dan takut juga karena punya pengalaman liat proses kelahiran kakak ipar yang keliatannya sakit banget. huhu, masih kebayang lah. Tapi kemudian, bu Ambar ngasih tau aku kalau setiap manusia itu punya batas ambang sakit yang berbeda-beda, dan reaksi yang ga sama pula. Jadi, apa yang menurutku keliatannya kok sakit banget belum tentu terasa sakit banget di tubuhku. Lagipula kata beliau kalau melahirkan itu sakit, kenapa wanita-wanita jaman dulu (bahkan jaman sekarang) bisa punya anak lebih dari 5, bahkan ada yang 16! hahah. Bener juga sih yaaa..

Setelah periksa detak jantung janin pake alat kebidanan yang bentuknya kaya mainan Wildan-Aira, bu bidan kemudian lanjut lagi meriksa buku kehamilanku lebih detail. Eh terus kemudian beliau sadar aku belum suntik TT yang ke-2. Suntik TT ke-2 kan harusnya sebulan setelah suntik TT yang pertama tuh, tapi berhubung aku teledor dan malas (!) terlewatlah semua itu. Langsung deh aku disuruh nunggu beliau ambil suntikan, malam itu juga aku di suntik TT. Sebelum disuntik itu, aku bolak-balik nanya bu Bidan, "ini gapapa bu, suntik sekarang?" "ga ngaruh ke adek bayi kan?" tapi beliau malah senyum-senyum aja dengernya. Okelah, berarti emang harus disuntik dan ga apa-apa ya. Bismillah.

Kalo pernah suntik TT pasti tau deh rasanya kaya apa. Pegel. bener ga? Soalnya aku juga gitu, sampe sekarang aja tangan kiri masih pegel plus manteng kaya bisulan.

Karena penasaran, setelah selesai urusan di bu Bidan dan pulang ke rumah aku langsung browsing tentang suntik TT ini. Banyak juga bumil yang baru suntik TT lagi setelah trisemester 2/3 kaya aku. Dan emang ga apa-apa, karena suntik TT Insyaallah berguna untuk ibu dan bayi yang dikandung agar terhindar dari tetanus pasca persalinan.

Emang deh, bener deh kata suami. Aku ini orangnya suka mikir dan kepikiran, juga suka menyimpulkan sendiri. haha. Ditambah sering browsing dan masuk forum2 perkumpulan bumil, jadinya kalo ada apa-apa dikit langsung heboh dan rempong.

Ngomong-ngomong soal browsing, sekarang ini juga aku lagi getol nyari artikel tentang ciri-ciri kehamilan. hihi. Abis penasaran juga, adek bayinya cewek apa cowok yaaa.. Sayang emang, kemarin waktu USG belum keliatan jenis kelaminnya. Sebenernya yaa, perempuan/ laki-laki sama aja tetep Alhamdulillah, yang penting sehat, normal, dan ga ada kekurangan sedikit pun. Tapi gimana lagi ya, namanya juga penasaran.. :') Yuk bantu tebak-tebakan, adek bayiku perempuan apa laki-laki??

No comments:

Post a Comment