Baby Stuff and printilan

Saturday, February 14, 2015



Alhamdulillah Ya Allah, kehamilanku udah masuk 8 bulan dan sampai saat ini masih sehat dan kuat. Alhamdulillah.. segala puji bagiMu yang telah mengkaruniakan hambaMu ini anugerah yang luar biasa.. hamil.. nothing can describe my feeling about that, and how I feel so blessed and grateful.. Tidak ada satu kata pun selain ucapan hamdallah dan zikir lainnya..

“Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?”
:’)

Kalau kata orang-orang, masuk 8 bulan berarti sudah “aman” untuk mulai mempersiapkan barang-barang kebutuhan bayi dan segala macam printilannya. Dan aku sendiri pun sampai saat ini sudah berhasil mengumpulkan keperluan-keperluan si baby, mulai dari popok sampai ayunannya. Bisa dibilang sih sebenarnya yang berhasil beli ini-itu bukan aku, tapi ibuku. Heheh. Semua baby stuff yang sudah nongkrong di lemari dengan syahdunya itu hasil pemberian ibuku. How sweet she is ya? Beliau memang luar biasa baik tanpa tandingan kalau untuk anak-cucunya. :’) ah, Alhamdulillah lagi.. Allah menitipkanku pada beliau..

Awalnya, sebelum membeli baby stuffs ini aku dan ibuku diskusi dulu via telpon. Karena beliau kan tinggal di Jakarta, jadi beliau memutuskan untuk beli barang-barangnya disana aja. Di Jakarta kan ada Tanah abang dan pasar pagi asemka tuh, otomatis bisa diperkirakan harga disana jauh lebih murah. Aku sih iya-iya aja, namanya juga dibeliin.. tapi selain itu aku juga salah satu penganut paham yang sama-sama menganggap harga di kedua tempat itu lebih murah.hahaha. 

Karena aku pernah tinggal sama mbakku yang punya bayi, sedikit-sedikit aku sih sudah tau kebutuhan newborn baby itu apa aja. Selain itu ibu dan mbakku juga sering kasih masukan, jadi Alhamdulillah aku ga keteteran. So, tips ku yang utama buat bumil yang saat ini sedang mikirin persiapan buat babynya adalah diskusi dengan orang terdekat yang sudah berpengalaman, entah itu orangtua, kakak/adik, tante, dll, tentang kebutuhan bayi baru lahir.

Nah sekarang yuk liat deh barang apa saja yang sudah aku punyaaa..


1.  Kain bedong (setengah lusin)



Ibuku beli kain bedong ini setengah lusin, tau sendiri kan fungsinya buat apa. Buat bedong lah yaa namanya juga bayi Indonesia.
Sebenernya kain bedong ini udah ada yang instan loh, yang pake resleting depannya, jadi nanti si bayi bisa langsung di masukin kaya kepompong hehe. Kedengerannya sih lebih praktis ya, tapi aku takut nanti ga muat. Lagipula harganya cenderung lebih mahal daripada kain bedong ini. Kenapa ibuku hanya beli setengah lusin? Ya, karena mbakku kan 2 tahun yang lalu baru aja punya bayi, so, kain bedongnya juga masih banyak dan bagus karena dirawat. Enak juga kan kalo punya sodara perempuan? :D

2.       Perlak (1 lembar)


Perlak ini kan semacam karpet yang kedap air, fungsinya untuk menahan ompol bayi biar ga tembus sampai kasurnya. Warnanya bolak-balik biru dan pink.

3.       Alas ompol (1 lusin)

Ini alas untuk ompol, ditaruh diatas perlak. Agak rancu sih ya, kan udah ada perlak yang ga tembus air, kenapa harus pakai alas ompol? Bingung kan.. yasudahlah berhubung sudah dibeliin. Bisa juga kan untuk lap-lap perlak yang basah kena ompol. Oh ya, jadi mungkin itulah kegunaannya.. hahah. Atulaaah

4.       Gurita (1 lusin)


Bukan, ini bukan hewan air. Yah, walaupun dia juga punya tangan kain 8 lembar. Fungsinya? Untuk dipakai diperut si bayi, biar anget kali yaaa.. oh iya dan untuk melindungi pusar bayi baru lahir biar ga kegesek-gesek bajunya. Tapi inget, kalau ngiket gurita ini ke perut bayi jangan kenceng-kenceng yaa..

5.       Popok kain (1 lusin)

Pipisnya newborn baby itu kan belum dikategorikan hadas, jadi sebulan pertama kayanya si bayi mau pake popok ini dulu sebelum pakai diapers. Selain itu juga aku udah persiapan popok kain kedap air dan diaper kain yang bisa dicuci bilas. Itupun dulunya punya mbakku. Hehehe.

6.       Kaus kaki dan kaus tangan (4 pasang)

Newborn baby itu sering garuk-garuk loh, terus gerakannya juga belum teratur (yaiyalah namanya juga bayi) ya kadang tangannya sering menclok-menclok ke mata. Jadi, ada baiknya pakai sarung tangan. Jadi anget juga kan babynyaaa.

7.       Baju tanpa lengan, berkancing (1 lusin)

Baju ini cocok untuk siang hari ya, biar ga gerah. Selain itu karena pakai kancing depan jadi ga susah dipakainya. Baby itu kadang gumoh kalau sehabis nyusu, jadi 1 lusin lumayan kan buat ganti-ganti sehari.

8.       Celana pup (1 lusin)

Hahah, aku ga tau nama celananya apa.  Yang jelas ini celana pendek, dan bolongan kakinya didepan jadi bagian bokongnya lebar. Muat kalau pake diaper.

9.       Celana panjang (1 lusin)

Sayangnya celana ini jaitan bagian bokongnya ga double alias ga lebar. Mungkin jadi agak sempit kalau pake diaper.

10.   Celana panjang tanpa bolongan (1 lusin)

Newborn baby kalau pake ini jadi tambah anget.

11.   Kaos polos (1 lusin)

Kaos ini bahannya agak tipis sih, tapi tetep nyaman. Buat ganti-ganti..

12.   Onesie (1 pack isi 5)

Beli yang merk carter’s. Bahannya enak banget, kayanya ini must have items deh. Cuma, karena aku belum tau babyku ini cewek atau cowok, ibu beliinnya yang warna aman. Kancingnya di bawah, jadi enak kalo si baby udah pake diaper dan harus ganti tinggal dibuka aja kancingnya terus slorooot..

13.   Kelambu (1 buah)

Ini penting loh buat bayi di Negara tropis. Tau sendiri kan banyaknya populasi nyamuk di Indonesia. Aku sendiri ga tahan kalau harus pake obat nyamuk, jadi ini yang paling aman. Sebenernya kakak ipar udah nawarin mau beliin kasur lipat yang sekaligus ada kelambunya, tapi ibu udah beliin ini. Insyaallah berguna semua.

14.   Baby Bouncer (1 buah)

Karena gemes liat babynya Shireen sungkar bobo anteng di bouncer waktu main-main ke instagramnya, aku jadi kepengen punya bouncer (duileee.. ibunya pengenan),. Jauh-jauh hari aku request ke ibu buat nyariin hehe. Pertama sih aku browsing dulu, merk apa aja yang banyak dipakai. Ternyata banyak juga ya, ada Nuna leaf, Pliko, dll. Sempet tertarik Nuna leaf, karena kayanya kuat dan tahan lama. Tapi pas tau harganya, ampun belum mampu deh. Hehe. Jadi cari alternative aja, yang terjangkau dan tahan lama dalam artian bisa dipakai sampai 3 tahun lah. Dan akhirnya milih pliko ini. Bisa dipakai sampai batita, dengan 3 stage bentuk.


Itu dia, barang-barang yang sudah dibeliin ibuku buat si bayi. Belum lagi barang-barang lungsurannya mbakku. Alhamdulillah, sudah ga bingung. Semacam bak mandi, stroller bayi, dan box bayi pun udah ada. Tinggal dibersihin aja, bisa langsung dipakai. Itulah salah satu keuntungan punya kakak perempuan ya. Hehe. Aku pun ga mengharuskan beli semua. Lebih enak mensyukuri yang sudah ada daripada terus mencari yang belum kita punya kaan..

Walaupun begitu, ternyata ada juga barang yang memang harus beli sendiri. Lemari bayi! Kalau itu nanti cari sendiri aja deh ya sama suami. Ga kebayang kan kalau harus beli dan dibopong dari Jakarta juga. :p

No comments:

Post a Comment