tiga lagi, berangkaaaaaaaaaaattt!

Monday, June 7, 2010

Gw termasuk orang yang sering naek kendaraan umum. entah itu bis, kereta, angkot tuyul, bajaj, taksi, atau ojek. semuanya. maklum, gw kan kurang mahir tuh nongkrong di motor. apalagi motor yang bergigi, takut gigit. hohoho. apalagi mobil, mampu sih naeknya. tapi ga mampu membedakan mana yang rem, mana yang gas. :p
selain itu, hampir semua keluarga gw kalo pergi juga hampir selalu naek kendaraan umum, tapi dengan jenis yang berbeda-beda tentunya, sesuai dengan selera masing-masing..hehe. yuk, mari gw ceritain..

Nah, pertama mbak gw. sebenernya, ini sih ga bisa disebut kendaraan umum ya. tapi berhubung proses naeknya mirip angkutan, jadi gw tulis aja. Dulu, waktu jaman kuliah di UNJ Rawamangun yang jaraknya jauh banget dari rumah gw, dy agak kesusahan kalo naek mayasari bakti dari kalideres pagi-pagi. tau sendiri kan jalanan jakarta yang kaya cendol. ruwet!
nah, berkat pengalaman dan pengetahuan umum akhirnya dia dapet solusi yang cukup menyenangkan. jadi, rumah gw yang dulu kan deket banget ma jalan tol bandara Soekarno-Hatta tuh, ternyata setiap pagi banyak mobil pribadi yang berhenti dan naikin penumpang dari pinggir jalan. soalnya tuh mobil mo lewat jalan three in one, daripada mereka nyewa joki dan bayar, mending sekalian aja naekin penumpang yang pada dasarnya memang punya tujuan. enaknya kendaraan umum yang satu ini adalah, kenyamanannya. bayangin aja kalo kita naek mobil mewah lah. muka juga dijamin ga kucel kena debu. cuma satu kekurangannya, dan paling menyedihkan: kalo ketemu temen yang kemarennya sempet liat kita naik mobil mewah dan dikemudian hari liat kita naik metromini, bertanya.. "loh ko naek bis, kenapa ga naik mobil lo yang kemaren aja sih?" .....
s-saaakiiiiiiittt..

beda lagi ma ibu gw. ibu orangnya paling suka belanja di pasar pagi jembatan lima. apa-apa mesti larinya kepasar pagi. sendal jepit lah, mainan buat sepupu-sepupu gw lah, piring, gelas, buku-buku, sampe beli es cincau aja di pasar pagi *eh, itu pesenan gw deng..hahaha* pasar pagi mang ajib sih, banyak barang yang bisa kita beli dan umumnya murah-murah. dan, makanannya juga enak-enak! huhuhuhu
nah, daerah ini juga terkenal padet. mungkin karena pasar dan daerah perdagangan kali ya.. banyak mobil, bajaj, motor, pick-up dan...... ojek sepeda! ^^ ini nih, kendaraan favoritenya ibu gw. kata ibu sih, naek ojek sepeda itu cepet, bisa nyelip-nyelip, murah dan unik aja gitu loh, soalnya itu sepeda onthel taun jebot. gw juga pernah sih, naek ojek sepeda ini. banyak ko, dikawasan kota tua. seru kan tuh, kalo naek tuh ojek berasa jadi nyonya belanda.. pokoknya zya loves it lah. pilihan kendaraan ibu gw mang kerenn..

kalo gw sendiri sih, akhir-akhir ini lagi kerajingan naek bis ekonomi Semarang-Pekalongan. sebenarnya sih, gw ga hobi-hobi amat naik bis ini. bau rokok! phoooey... tapi berhubung, pengeluaran semester ini gila-gilaan, jadinya gw niatin naik bis. kalo dihitung-hitung, ongkos naik bis ma kereta kaligung itu sama persis. 15.000 doang, perkepala. tapi jelas ada bedanya, kalo naik kereta gw rada ga sabaran dan ga ada tantangannya. pengennya teriak ke masinisnya buat nyalip gitu. tapi, mang ada ya yang bisa disalip? hahaha. sebenarnya sih ya, naek bis ekonomi itu ga ada menariknya buat gw. yang ada juga dongkol abis kalo mas-mas disamping lo mulai mengeluarkan asap-asap *pengennya pura-pura bego matiin rokoknya sambil teriak kebakaran ahaha* tapi, setelah diinget-inget sih gw punya cukup banyak pengalaman baru yang mengajarkan kehidupan dari kendaraan ini. pertama, gw jadi lebih hati-hati setelah liat orang kecopetan, kedua gw jadi lebih berani sama semua orang termasuk keneknya yang ngasih kembalian terlalu dikit *minta hakmu sampe dia ngasih. haha* ketiga, gw jadi punya suatu kewajiban untuk ngasih bangku gw ke ibu-ibu atau mbah-mbah yang udah tua.

tapi apapun itu bentuknya, kendaraan umum itu menarik. ga perlu gengsi buat naiknya, toh mereka dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. kadang kan, ga setiap waktu kita bisa naik kendaraan pribadi yang ada dirumah, ya kan? lagipula, dengan naik kendaraan umum kita menghemat persediaan bbm yang ada di perut bumi loh... selain itu, siapa tau kita bisa kenalan dengan penumpang lain yang cute. ahaha. That's the point!

tetep semangat

zya

No comments:

Post a Comment